Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Culik Puluhan Siswa Sekolah Menengah

Kompas.com - 15/04/2014, 21:34 WIB
ABUJA, KOMPAS.com -- Sekelompok orang bersenjata yang diduga adalah anggota kelompok militan Boko Haram menculik sejumlah siswa sebuah sekolah menengah pertama di negara bagian Borno, Nigeria, dan membakar sebuah desa. Demikian keterangan seorang pejabat setempat, Selasa (15/4/2014).

"Banyak anak gadis diculik oleh orang bersenjata yang mengendarai iring-iringan kendaraan bermotor dan menyerang sekolah," kata Emmanuel Sam, seorang pejabat dinas pendidikan di kota Chibok, tempat serangan itu berlangsung.

Emmanuel Sam kini berada di Maiduguri, ibu kota Borno, setelah peristiwa penyerangan itu. Para penyerang diduga kuat adalah anggota kelompok militan Boko Haram, sebuah kelompok Islam radikal yang memberontak terhadap Pemerintah Nigeria sejak 2009.

"Orang-orang bersenjata itu naik truk dan sepeda motor. Mereka langsung menyerang sekolah. Mereka melumpuhkan tentara yang menjaga sekolah itu," kata seorang saksi mata.

Saksi itu mengatakan, sebenarnya tentara dikerahkan untuk memberikan penjagaan menjelang ujian tahunan. "Namun, penyerang melumpuhkan penjaga dan kemudian menculik para siswi," tambah saksi tersebut.

Dalam serangan awal tahun ini, juga di negara bagian Borno, sejumlah saksi mengatakan, para anggota Boko Haram mengepung para siswi, kemudian memaksa mereka untuk pulang ke desa masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com