Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis Remaja Ditangkap Setelah "Tweet" Lelucon Ancaman Terorisme

Kompas.com - 15/04/2014, 11:19 WIB
DEN HAAG, KOMPAS.COM — Polisi Belanda menangkap seorang gadis remaja setelah ia diduga men-tweet sebuah ancaman terhadap maskapai penerbangan American Airlines. Dalam tweet-nya, remaja itu menyamar sebagai anggota Al Qaeda.

Remaja 14 tahun bernama Sarah itu "melapor (kepada kami) pagi ini, didampingi seorang anggota keluarga", kata juru bicara polisi Rotterdam, Roland Ekkers, Senin (14/4/2014). "Dia sudah ditahan, dan sidang terhadapnya segera dimulai."

Sarah rupanya mem-posting pesan di media sosial Twitter pada Minggu pagi, yang kemudian membuatnya berada dalam situasi sulit. "Halo, nama saya Ibrahim dan saya berasal dari Afganistan. Saya bagian dari Al Qaeda dan pada 1 Juni saya akan melakukan sesuatu yang benar-benar besar," bunyi pesan itu.

American Airlines kemudian menjawab, dengan mengatakan, "Sarah, kami anggap ancaman ini sangat serius. Alamat IP Anda dan rincian (ancaman) akan diteruskan ke pihak keamanan dan FBI."

Lembaga penyiaran publik Belanda, NOS, mengatakan bahwa Sarahyang kicauannya (tweet) membuat ia mendapatkan ribuan pengikut barukemudian mati-matian berusaha untuk memperbaiki situasi. Dia kirim pesan baru berbunyi, "Saya minta maaf. Saya benar-benar merasa takut sekarang. Saya hanya membuat lelucon, tolong... saya hanya seorang gadis."

Pesan lain, yang diterbitkan NOS, berbunyi, "Saya tidak akan memberi tahu orangtua saya. Mereka akan memberi tahu saya untuk menghapus akun saya, omg... itu akan menjadi akhir hidup saya. Saya selalu ingin terkenal, tetapi saya bermaksud terkenal seperti Demi Lovato, bukan seperti Osama bin Laden."

Ekkers mengatakan, polisi kini sedang menyelidiki kasus itu. Dia menambahkan, belum jelas berapa lama Sarah akan berada dalam tahanan. "Kami ingin mencari tahu apa motif dia."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com