Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abdullah Unggul di Pemilu Afganistan

Kompas.com - 14/04/2014, 10:27 WIB
KABUL, KOMPAS.COM - Hasil sementara pemilihan presiden Afganistan menunjukkan mantan Menteri Luar Negeri Abdullah Abdullah mengungguli Ashraf Ghani.

Berdasarkan sekitar 500 ribu suara di 26 provinsi yang telah dihitung, Dr Abdullah mendapatkan 41,9 persen suara sementara Ghani 37,6 persen.

Sekitar tujuh juta suara diberikan di 34 provinsi Afganistan pada pemilu tanggal 5 April. Hasil akhir pemilu dijadwalkan akan didapat pada tanggal 24 April.

Pemilu lanjutan akan dilaksanakan pada bulan Mei jika tidak satu pun calon mendapatkan suara mayoritas.

Komisi Pemilu Independen memperingatkan calon yang unggul sekarang dapat berubah posisinya karena penghitungan masih berlangsung dalam beberapa hari ini.

"Kemungkinan hari ini satu calon terlihat kuat. Besok, kemungkinan yang lainnya akan di peringkat teratas," kata ketua komisi Ahmad Yousuf Nouristani.

Hasil pemilu didapat setiap hari dan sejumlah kotak suara masih belum sampai di Kabul dari daerah terpencil karena dibawa dengan menggunakan keledai, kata wartawan BBC di Kabul David Loyn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com