Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snowden Siap Bersaksi di Jerman

Kompas.com - 12/04/2014, 11:51 WIB


BERLIN, KOMPAS.com --
Pembongkar rahasia Edward Snowden telah menyampaikan kesediaan untuk bersaksi di hadapan satu komite parlemen Jerman yang menyelidiki kegiatan pengawasan Dinas Keamanan Nasional AS (NSA), demikian laporan media pada Jumat (11/4/2014).

Mantan direktur NSA itu mengatakan siap memberi kesaksian terperinci di Jerman tanpa syarat apa pun, demikian laporan media Jerman, dengan mengutip surat dari pengacara Snowden di Berlin untuk komite pemeriksaan Bundestag, Majelis Rendah Parlemen Jerman.

Kata-kata Snowden dikeluarkan di tengah percekcokan di Berlin mengenai apakah panel NSA Jerman mesti meminta kesaksian dari dia dalam proses penyelidikannya.

Glenn Greenwald, yang telah menyiarkan kebocoran yang mengungkap program pengawasan NSA "Prism" dengan dasar dokumen rahasia dari Snowden, memperlihatkan dukungan agar Snowden dipanggil sebagai saksi, kata media Jerman.

Di dalam satu wawancara baru-baru ini, wartawan yang melaporkan rahasia NSA yang bocor tersebut mengatakan, skandal mata-mata AS tak bisa sepenuhnya diabsahkan tanpa kesaksian dari Snowden. Ia menambahkan, akan ada celah sangat besar dalam penyelidikan jika para penyelidik Jerman tidak menanyai Snowden secara langsung.

Komite Parlemen Jerman, yang dibentuk kurang dari satu bulan sebelumnya, bertugas menyelidiki penyadapan komunikasi Jerman oleh NSA dan dinas rahasia lain.

Penyelidikan itu, yang terdiri atas enam anggota parlemen dari koalisi yang memerintah dan dua dari oposisi, justru telah menghadapi masalah. Ketuanya, Clemens Binninger, mundur dari posisinya pada Rabu (9/4/2014), cuma beberapa hari setelah pertemuan pertama panel tersebut.

Binninger mengatakan kepada media bahwa ia mundur akibat perbedaan pendapat di kalangan anggota komite itu mengenai kemungkinan Snowden bersaksi. Oposisi telah mendesak agar Snowden dipanggil, sedangkan anggota partai yang berkuasa ragu apakah ia dapat memberi informasi penting untuk menjelaskan skandal mata-mata tersebut.

Pada Kamis, panel itu melakukan pemungutan suara untuk membahas masalah Snowden dalam pertemuan berikutnya pada 8 Mei, tepat setelah kunjungan Kanselir Jerman Angela Merkel ke Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com