Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hormati Penumpang Malaysia Airlines, China Tunda Kirim Panda ke Malaysia

Kompas.com - 11/04/2014, 19:37 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China, Jumat (11/4/2014), menunda pengiriman dua ekor panda raksasa ke Malaysia untuk menghormati para penumpang asal China di pesawat Malaysia Airlines yang hilang.

Rencananya kedua panda, Feng Yi dan Fu Wa, akan tiba di  Malaysia pada tanggal 16 April untuk dipinjamkan selama 10 tahun.

Namun Menteri Lingkungan Malaysia, G. Palanivel, mengatakan panda tersebut mungkin baru akan sampai pada akhir Mei, ketika kedua negara memperingati 40 tahun hubungan diplomatik.

"Karena insiden MH370, kedatangan panda-panda ditunda," jelasnya seperti dikutip kantor berita AP.

"Dalam masa-masa yang sulit ini, tampaknya tidak tepat untuk mengatur pengiriman dan kedatangan panda di Malaysia," gambah Palanivel.

Pesawat Malaysia Airlines hilang pada tanggal 8 April dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing dengan membawa 239 penumpang dan awak.

Sekitar 153 penumpangnya adalah warga China dan keluarga mereka berpendapat pemerintah Malaysia tidak kompeten dalam menangani pencarian pesawat dan penjelasan atas hilangnya pesawat tersebut.

Saat ini pemerintah Australia yang memimpin upaya pencarian pesawat dan wilayah pencarian sudah dipersempit di lepas pantai Australia.

Insiden hilangnya pesawat Malaysia Airlines ini juga mempengaruhi kedatangan wisatawan asal China ke Malaysia.

Sebuah media Malaysia yang mengutip Menteri Pariwisata, Nazri Aziz, melaporkan sedikit 30.000 wisatawan China membatalkan rencana perjalanan sejak pesawat itu hilang. Tahun lalu, diperkirakan sekitar 1,6 juta turis China berkunjung ke Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com