Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Keuangan G-7 Bertemu Khusus Bahas Ukraina

Kompas.com - 10/04/2014, 04:10 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

WASHINGTON, KOMPAS.com — Menteri keuangan negara-negara anggota G-7 berencana bertemu di Washington, Amerika Serikat, Kamis (10/4/2014). Pertemuan akan khusus membahas masalah Ukraina di tengah kekhawatiran Rusia akan memperluas pencaplokan wilayah Ukraina.

Pertemuan tersebut, menurut sumber AFP, sengaja digelar sebelum berlangsungnya pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara G-20, bertepatan dengan pertemuan rutin musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

G-7, kelompok tujuh negara industri beranggotakan Kanada, Amerika Serikat, Italia, Jepang, Jerman, Perancis, dan Inggis, kemungkinan juga akan membahas isu selain Ukraina. Namun, ujar sumber itu, dampak ekonomi dari krisis Ukraina akan menjadi topik utama.

Pada akhir Maret 2014, tujuh negara ini menarik diri dari pertemuan G-8, kelompok yang beranggotakan negara-negara G-7 ditambah Rusia. Perkembangan situasi di Ukraina menjadi alasan batalnya pertemuan G-8 di Sochi, Rusia. Pembatalan tersebut sekaligus menjadi bentuk kemarahan negara-negara G-7 terhadap aneksasi Rusia di Ukraina.

Sebelumnya, Selasa (8/4/2014), Washington menuduh Moskwa sengaja mengobarkan protes menuntut pemisahan diri wilayah timur Ukraina yang berbatasan langsung dengan Rusia. Di wilayah tersebut, mayoritas warga menggunakan bahasa Rusia dalam percakapan sehari-hari.

Bahkan, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry blakblakan menuding Kremlin mengirimkan operasi khusus ke kawasan timur Ukraina itu untuk memicu kerusuhan. "Segala sesuatu yang kita lihat dalam 48 jam terakhir adalah provokasi Rusia dan agen operasi di timur Ukraina," ujar dia. "Memperlihatkan operasi tersebut dikirim untuk menciptakan kerusuhan."

Sementara itu, Menteri Luar Inggris William Hague menguatkan pernyataan Kerry dengan mengatakan bahwa memanasnya situasi di Ukraina memperlihatkan gelagat Rusia sedang berstrategi untuk mengacaukan Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com