Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saudi Mungkin Cabut Larangan Olahraga di Sekolah Perempuan

Kompas.com - 09/04/2014, 20:26 WIB
JEDDAH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi mempertimbangkan untuk mencabut larangan kegiatan olahraga di sekolah khusus perempuan, setelah dewan penasihat kerajaan merekomendasikan dicabut meski mendapat tentangan keras dari kelompok konservatif.

Menyusul perdebatan pada Selasa (8/4/2014), Dewan Syura kerajaan merekomendasikan agar larangan yang sudah dilonggarkan sejak Mei tahun lalu, benar-benar dicabut.

Namun, Dewan Syura hanya bisa merekomendasikan usulan ini ke Departemen Pendidikan dan tak memiliki wewenang mendesak pemerintah untuk menerapkan rekomendasinya.

Di Arab Saudi, pendidikan dipisahkan sesuai jender. Namun, kegiatan olahraga di sekolah perempuan terus menjadi isu sensitif di negeri konservatif itu di mana perempuan harus menutup seluruh tubunnya saat berada di ruang publik.

Kelompok konservatif berargumen olahraga di sekolah perempuan tak bisa dilakukan karena minimnya fasilitas. Argumen ini sekaligus menolak klaim kelompok oposisi yang mengatakan olahraga bisa menjadi cara untuk memerangi obesitas.

Dewan Syura akhirnya menerima rekomendasi itu setelah dewan menyepakati bahwa olahraga tidak menyalahi Syariah Islam. Demikian kantor berita SPA.

Pada Olimpiade 2012 di London, Arab Saudi untuk pertama kalinya mengirimkan atlet perempuan ke perhelatan olahraga internasional itu. Kedua atlet Saudi itu berlaga di cabang judo dan atletik.

Meski sudah mengirimkan dua atlet perempuanya, Human Right Watch (HRW) mengatakan jutaan perempuan Saudi lainnya masih dibatasi aksesnya ke bidang olahraga.

Pada 2009 dan 2010 pemerintah Saudi menutup sejumlah sarana olahraga untuk perempuan di beberapa kota. Selain itu, perempuan Saudi dilarang berada di arena-arena olahraga karena adanya aturan yang memisahkan antara laki-laki dan perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com