Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, AL Italia Selamatkan 1.000 Imigran Gelap

Kompas.com - 08/04/2014, 19:24 WIB
ROMA, KOMPAS.com - Angkatan Laut Italia, Selasa (8/4/2014), menyelamatkan lebih dari 1.000 orang imigran selama 24 jam terakhir yang sebagian besar berasal dari Suriah.

Italia menggelar operasi "Mare Nostrum" atau Laut Kami, setelah lebih dari 400 imigran ilegal asal Eritrea dan Suriah tewas dalam dua tragedi tenggelamnya kapal imigran pada Oktober 2013.

"Sebanyak 1.049 imigran kami selamatkan, termasuk di dalamnya 151 perempuan, 91 anak-anak dan tiga bayi," demikian pernyataan AL Italia.

Semua imigran yang diselamatkan dari keganasan laut itu kemudian akan dibawa ke pusat penampungan di Italia dan diperkirakan kapal yang mengangkut para imigran itu tiba pada Selama malam waktu setempat.

Centro Astalli, sebuah pusat pengungsi di Roma, mengatakan dalam laporan tahunannya sepanjang 2013 Italia menerima klaim permohonan suaka dari 27.830 orang imigran atau naik 60 persen dari tahun sebelumnya.

"Sebagian besar pemohon suaka berasal dari Suriah," demikian laporan tahunan Centro Astalli.

Laporan itu juga menyebutkan jumlah imigran gelap yang berhasil mencapai 42.925 orang, artinya semakin banyak mencari suaka di negara Eropa lain selain Italia.

"Data menunjukkan para pencari suaka sudah mengetahui kesulitan di Italia dan mencoba mencari tujuan lain," kata laporan itu.

Italia menjadi pintu gerbang utama para imigran gelap menuju Uni Eropa menggunakan kapal-kapal nelayan rapuh melintasi Laut Tengah yang ganas.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com