Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hari Baku Tembak di Meksiko Utara, 24 Tewas

Kompas.com - 08/04/2014, 17:11 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com — Baku tembak selama dua hari di negara bagian Tamaulipas, Meksiko, yang melibatkan dua organisasi kriminal, sejauh ini sudah menewaskan 24 orang.

Otoritas setempat mengatakan, 15 pria dan 2 wanita tewas dalam serangkaian baku tembak antara kelompok kriminal di kota Tampico dan Ciudad Madero di pesisir Teluk Meksiko.

Jasad seorang pria ditemukan di sebuah bangku, sementara dua jasad lain tergeletak di sebuah ruas jalan di kota Tampico. Demikian penjelasan pasukan keamanan Tamaulipas, Senin (7/4/2014).

Baku tembak itu diawali di kota Ciudad Madero pada Minggu (6/4/2014) siang, dan menewaskan dua pria dan seorang wanita.

Sekitar 10 menit kemudian, Pemerintah Kota Tampico yang bertetangga dengan Ciudad Madero melaporkan telah menemukan jasad seorang pria dengan luka tembakan di kepala.

Kekerasan berlanjut ketika sebuah mobil penuh dengan orang bersenjata memberondong seorang pria hingga tewas di jalanan Ciudad Madero. Tak lama kemudian, satu mayat lagi ditemukan di salah satu sudut kota itu.

Baku tembak terus berlangsung hingga malam hari. Lima pria dan seorang wanita tewas di depan sebuah SPBU di kota Tampico. Tak berapa lama, seorang pria tewas ditembak di dalam sebuah toko es krim.

Sejauh ini belum diperoleh informasi mengenai nama-nama geng kriminal yang terlibat baku tembak itu. Namun, aparat keamanan gabungan Tamaulipas mengatakan telah menahan empat orang tersangka di dua tempat terpisah di kota Tampico. Keempat orang tersangka itu dilengkapi persenjataan berat, antara lain senapan mesin, dan sejumlah granat.

Lebih ke utara lagi, baku tembak juga terjadi di kota Ciudad Mier di dekat Sungai Rio Grande, yang tak jauh dari perbatasan Texas, AS. Baku tembak di kota ini menewaskan sedikitnya tiga orang.

Baku tembak yang terjadi pada Minggu itu pecah hanya berselang sehari setelah militer Meksiko terlibat pertempuran dengan para tersangka kriminal di kota Ciudad Miguel Aleman, tak jauh dari Ciudad Mier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com