Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Donetsk Nyatakan Kemerdekaan dari Ukraina

Kompas.com - 07/04/2014, 19:58 WIB
DONETSK, KOMPAS.com - Para aktivis pro-Rusia yang menduduki kantor pemerintah di kota Donetsk, wilayah timur Ukraina, Senin (7/4/2014), memproklamasikan pembentukan sebuah republik independen dari kekuasaan Kiev.

Pengumuman itu disampaikan seorang juru bicara yang menduduki kantor pemerintah yang diduduki para akivis-pro Rusia itu. Dalam sebuah video yang diunggah ke situs YouTube memperlihatkan seorang Rusia di atas sebuah podiom menyampaikan pernyataan kemerdekaan Donetsk di hadapan sekelompok orang.

"Untuk membentuk sebuah negara yang berdaulat, maka I memproklamasikan pembentukan negara Republik Rakyat Donetsk," kata pria itu.

Pengumuman itu disambut sorak sorai sekitar 100 orang pria di dalam sebuah ruang auditorium yang nampaknya adalah gedung administrasi pusat kota Donetsk.

Ostrov, sebuah situs berita di kota industri itu mengabarkan bahwa para aktivis itu kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Federasi Rusia dalam sebuah proses yang sama seperti diambil Semenanjung Crimea bulan lalu.

Sementara itu kantor berita Interfax mengabarkan para pemimpin kiota Donetsk yang memproklamirkan kemerdekaan itu bertekad untuk menggelar referendum paling lambat pada 11 Mei mendatang.

Krisis perpecahan terbaru ini membuat PM Ukraina Arseniy Yatsenyuk mengirimkan wakilnya, Vitaliy Yarema ke kawasan itu untuk mengembalikan kendali pemerintahan. Gubernur Donetsk, Sergiy Toruta mendesak pemerintah pusat untuk menggelar pertemuan darurat dengan dewan pertahanan dan keamanan regional untuk membahas masalah ini.

"Hari ini, sebuah rencana dijalankan di Donetsk, Lugank dan Kharkiv untuk mengganggu stabilitas perdamaian, sosial dan ekonomi," ujar Toruta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com