Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu Berskala Besar di India Dimulai Hari Ini

Kompas.com - 07/04/2014, 12:12 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.COM — India melangsungkan pemilihan umum terbesar di dunia hari ini (7/4/2014). Partai berkuasa, Partai Kongres, akan bertarung dengan partai Hindu nasionalis BJP.

Pemungutan suara selama sembilan fase berlangsung selama satu bulan lebih, mulai Senin ini hingga 12 Mei mendatang. Surat suara baru mulai dihitung pada 16 Mei.

Lebih dari 800 juta warga memiliki hak pilih dalam pemilu yang dibayangi oleh pemerintahan yang korup dan inflasi yang tinggi.

Partai antikorupsi regional AAP juga ikut serta dalam pemilu setelah hasil yang spektakuler dalam pemungutan suara lokal.

AAP (Aam Aadmi, atau Partai Rakyat Umum) meraih hasil yang cemerlang dalam pemungutan suara majelis negara bagian di ibu kota Delhi dan meraih semua kursi di parlemen.

Sejumlah partai regional yang lebih kecil juga akan berpartisipasi. Jika tidak ada partai tunggal yang menang mayoritas, partai-partai kecil ini bisa memainkan peran penting dalam pembentukan pemerintah.

Lok Sabha (majelis rendah parlemen) memiliki 543 kursi dan tiap partai atau koalisi harus memiliki minimal 272 kursi untuk membentuk pemerintahan.

Jumlah pemilih kali ini meningkat sekitar 100 juta dari 2009 lalu menjadi 814 juta. Sekitar 930.000 tempat pemungutan suara (TPS) disediakan, jumlah ini juga naik dari 830.000 TPS pada pemilu sebelumnya.

Mesin suara elektronik akan digunakan, dan untuk pertama kalinya akan ada pilihan golongan putih (golput), pilihan bagi warga yang tidak ingin memilih kandidat mana pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com