Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didakwa Menghina Agama, Sejoli Divonis Mati

Kompas.com - 05/04/2014, 16:57 WIB
KOMPAS.com — Pengadilan di Pakistan Timur memvonis mati sejoli Kristen asal Kota Gojra yang didakwa mengirimkan pesan singkat berisi kata-kata menghujat Nabi Muhammad. Menurut warta AFP  pada Sabtu (5/4/2014), adalah Nadeem Hassan, pengacara kedua terdakwa, yang mengatakan informasi ini. Menurutnya, hakim Mian Amir Habib yang mengetuk palu putusan tersebut. Sementara itu, pihak pengadilan sudah menjawab konfirmasi atas vonis mati tersebut.

Nadeen Hassan mengatakan bahwa kedua kliennya itu, Shafqat Emmanuel dan Shagufta Kausar, di dalam pembelaannya, adalah keluarga miskin dengan tiga anak. Di kota itu, ada sejarah kekerasan terhadap warga Kristen. "Kami melakukan banding atas putusan itu," kata Hassan.

Hassan menerangkan, pada 2009, terjadi serangan terhadap seorang warga Kristen di Gojra. Insiden itu berlanjut dengan pembakaran 77 rumah dan terbunuhnya sekitar tujuh orang. Pemicu kerusuhan adalah isu pelecehan terhadap kitab suci Al Quran.

Catatan menunjukkan, adalah pemimpin masjid lokal di Gojra, Maulvi Mohammad Hussain, yang mendaftarkan gugatan terhadap pasangan suami istri itu pada 21 Juli silam. Menurutnya, pasangan itu mengirimkan pesan singkat yang berisi kata-kata menghujat Nabi Muhammad melalui ponsel. Dalam gugatannya, Hussain menuduh kalau kiriman pesan itu datang dari ponsel milik Shagufta Kausar, sang istri. "Pengirimnya adalah Shafgat Emmanuel," kata Hussain.

Sementara itu, dalam pembelaan, Nadeen Hassan mengatakan bahwa teks asli dari ponsel Kausar sudah lenyap sebelum kejadian pengiriman. "Makanya, mereka tak bisa mengirimkan kata-kata itu," kata Hassan.

Sejauh ini, belum ada informasi ihwal kata-kata seperti apa yang dituduhkan sebagai hujatan terhadap Nabi Muhammad. Hingga berita ini diunggah pun, belum ada informasi soal kelangsungan proses banding kedua terdakwa.     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com