Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peterjun Payung Norwegia Nyaris Dihantam Meteorit

Kompas.com - 04/04/2014, 21:43 WIB
OSLO, KOMPAS.com - Seorang peterjun payung asal Norwegia lolos dari maut setelah nyaris terhantam sebuah meteorit yang melesat tak jauh dari dirinya.

Kisahnya berawal saat Anders Helstrup dan kawan-kawannya anggota Oslo Parachute Club melompat dari sebuah pesawat terbang kecil di Norwegia.

Setelah beberapa saat melayang di udara dan kemudian membuka payungnya, Anders merasakan sesuatu yang tidak pada tempatnya. Namun, dia baru mengetahui "sesuatu" itu setelah melihat rekaman dari kamera video yang ditaruh di helmnya. Dia melihat sebongkah benda mirip batu melesat tak jauh dari dirinya.

"Saat kami menghentikan fim itu, kami bisa melihat dengan jelas sebuah benda mirip batu," kata Anders kepada situs berita Norwegia, nrk.no. Awalnya, kata Anders, dia mengira benda itu berasal dari dalam tas yang memuat parasutnya. Namun, benda itu terlalu besar untuk masuk ke dalam tasnya.

Untuk memuaskan rasa penasarannya, Anders kemudian menghubungi Museum Sejarah Alam di Oslo untuk mencari tahu benda apa yang nyaris menghantam dirinya itu.

"Film itu memicu sensasi di kalangan komunitas peneliti meteorit. Mereka nampaknya yakin benda itu adalah sebuah meteorit, mungkin saya satu-satunya yang masih skeptis," ujar dia.

Salah satu yang meyakini benda itu adalah meteorit adalah ahli geologi, Hans Amundsen. "Benda itu pasti meteorit. Bentuknya khas meteorit, satu sisi terdapat patahan baru dan di sisi lain terlihat bundar," kata Amundsen.

Kini pencarian dilakukan untuk menemukan benda langit yang diperkirakan jatuh di kawasan Hedmark, Norwegia itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com