Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelayan Wanita Tangkap Ikan Tuna 411 Kilogram

Kompas.com - 04/04/2014, 18:48 WIB
AUCKLAND, KOMPAS.com — Seorang nelayan perempuan Donna Pascoe (56) mendapat kejutan luar biasa saat tengah memancing di Kepulauan Three Kings, Cape Reinga, Selandia Baru.

Saat tengah memancing, Donna yang sudah berpengalaman itu sudah merasa ada ikan besar yang menarik umpan pancingnya.

"Senar pancing saya tertarik kencang seperti layaknya terseret sebuah kereta api," kata Donna yang berasal dari kota Auckland itu.

"Saat itu, saya sangat gugup dan takut jika senar pancing saya putus. Namun, ternyata ikan itu berhenti berenang dan saya bisa menarik tali pancing saya," kenang Donna.

Tak sadar dengan ukuran ikan tangkapannya, Donna dan empat kawannya "bertarung" selama lebih dari empat jam untuk menarik ikan berukuran hampir tiga meter itu ke atas kapalnya.

"Dia sangat keras kepala, tapi demikian juga saya," ujar Donna.

Setelah 4 jam 11 menit berjuang, akhirnya Donna dan rekan-rekannya berhasil menyeret ikan tuna sirip biru raksasa itu ke atas kapalnya dengan bantuan kait jangkar.

"Saya sangat senang sampai tangan dan kaki ini rasanya hampir copot. Rasanya dorongan adrenalin yang membuat kami bisa mengalahkan ikan itu," tambah dia.

Setelah ditimbang, ikan itu memiliki berat 411,6 kilogram atau dua kali berat seekor bayi gajah. Ikan tangkapan Donna itu mengalahkan rekor sebelumnya seberat 335 kilogram.

Tahun lalu, seekor ikan tuna sirip biru seberat 222 kilogram terjual dengan harga 1,09 juta dollar dalam sebuah lelang di Tokyo. Dengan perhitungan harga per kilo, maka ikan tangkapan Donna itu bisa menghasilkan uang 2,02 juta dollar.

Namun, Donna tak tergiur dengan jumlah uang itu. Dia malah ingin mengawetkan ikan itu dan memajangnya di klub memancing Houhora Big Game & Sports Fishing Club.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com