Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Ebola, Arab Saudi Tunda Visa Haji untuk Warga Guinea dan Liberia

Kompas.com - 01/04/2014, 21:52 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi, Selasa (1/4/2014), mengumumkan penundaan pemberian visa untuk jamaah haji asal Guinea dan Liberia, dua negara Afrika barat yang terkena wabah virus ebola yang mematikan.

Langkah preventif itu dilakukan atas permintaan Kementerian Kesehatan Arab Saudi terkait bahaya penyakit yang sangat menular itu. Demikian kantor berita SPA mengabarkan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengatakan tidak merekomendasikan larangan perjalanan atau perdagangan ke Guinea dan Liberia atau Sierra Leone yang dikabarkan terkena wabah diduga ebola.

Sementara itu, Medecin Sans Frontier (MSF) mengatakan wabah penyakit diduga ebola ini sudah mengakibatkan 78 orang meninggal dunia di Guinea sejak Januari lalu. Penyebaran penyakit ini merupakan  epidemi yang tak diperkiraka  sebelumnya dan telah menyebar ke seluruh Afrika barat.

Kementerian Kesehatan Guinea mencatat 122 pasien terduga ebola dan 78 orang di antaranya meninggal dunia.

Penyakit yang disebabkan virus tropis ini mengakibatkan penderitanya menderita demam, sakit pada otot, tubuh lemas, muntah-muntah, diarea dan dalam beberapa kasus mengakibatkan sejumlah organ tubuh tak bekerja dan pendarahan terus menerus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com