Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MSF: Penyebaran Virus Ebola Sulit Dikendalikan

Kompas.com - 01/04/2014, 18:03 WIB

CONAKRY, KOMPAS.com - Penyebaran virus Ebola yang telah menewaskan 78 orang di Guinea mencapai tingkat tertinggi dan semakin sulit dikontrol. Demikian penjelasan badan amal medis, Medecin Sans Frontier (MSF).

Negara di Afrika Barat ini tengah berusaha mengatasi penyebaran virus setelah ditemukan sejumlah kasus di beberapa wilayah berjarak ratusan kilometer.

Virus Ebola ditularkan lewat kontak langsung dengan penderita dan menewaskan sekitar 25 persen hingga 90 persen korban.

"Kami tengah menghadapi wabah hingga tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal penyebaran kasus," ujar Mariano Lugli, koordinator MSF untuk Guinea.

"Penyebaran secara geografis ini mengkhawatirkan karena akan mempersulit kami untuk mengendalikan wabah," tambahnya.

Sebelumnya penyebaran virus Ebola terjadi di wilayah tenggara Guinea yang terpencil, Nzerekore tetapi pemerintah membutuhkan waktu hingga enam pekan untuk mengidentifikasi penyakit itu.

Data yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Guinea menunjukkan angka kematian sudah mencapai 78 jiwa dari 122 kasus sejak Januari tahun ini. Virus ini kini telah menyebar hingga negara tetangga, Liberia, dan Sierra Leone.

WHO menjelaskan bahwa penyebaran virus Ebola terjadi khususnya di desa-desa terpencil di wilayah Afrika Tengah dan Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com