Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNI di China Lakukan Pemilu Legislatif Hari Ini

Kompas.com - 30/03/2014, 11:13 WIB
BEIJING, KOMPAS.COM - Warga Negara Indonesia (WNI) di China dan Hongkong, Minggu (30/3/2014), pagi mulai mendatangi kantor perwakilan RI di beberapa wilayah di negara itu untuk memilh wakil mereka dalam Pemilihan Umum Legislatif 2014.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri Beijing (PPLN) Sugeng Wahono mengatakan, pada Pemilu 2014 jumlah Daftar Pemilih Tetap di wilayah akreditasi KBRI Beijing sebanyak 1.703 orang. "Jumlah itu terdiri atas 1.186 di Beijing dan 517 di luar Beijing. Untuk di luar Beijing, khususnya Tianjin, kami siapkan dropbox dan sudah diambil pada 23 Maret," ungkapnya.

Pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 dilaksanakan di halaman KBRI Beijing dengan jumlah TPS yang disediakan dua unit. "Pelaksanaan Pileg dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga 16.00 waktu setempat. Tercatat lima anggota PPLN dan 14 anggota KPPSLN yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu di wilayah akreditasi KBRI Beijing," tutur Sugeng.

Sebelumnya para calon pemilih dapat memeriksa kembali namanya dalam daftar pemilih yang dikirimkan melalui surat elektronik beberapa organisasi kemasyarakatan Indonesia di Beijing. "Bagi yang namanya tidak tercantum, bisa langsung datang ke TPS dengan membawa kartu identitas dan dapat langsung menggunakan hak pilihnya," katanya menambahkan.

Selain Beijing, WNI di Shanghai, Guangzhou, Hongkong, Makau dan Taipeh juga menggunakan hak politiknya dengan mandatangi sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah disiapkan.

Di Hongkong, panitia pemilihan menyiapkan tempat pemilihan suara di Victoria Park, taman yang biasa dimanfaatkan warga Indonesia berkumpul. Ada 12 tenda yang disediakan di sana.

Victoria Park berada di Causeway Bay Hongkong. Tempat ini berupa taman dengan tanah lapang yang cukup luas. Pencoblosan rencananya dimulai pukul 09.00 waktu Hongkong dan diharapkan selesai pukul 12.00.

Pemilih yang berada di luar negeri memilih calon anggota legislatif dari Daerah Pemilihan Jakarta 2 (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri). Pemilih dapat mencoblos nama calegnya atau gambar partainya saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com