Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Riyadh, Presiden Obama Bertemu Aktivis Perempuan Saudi

Kompas.com - 30/03/2014, 00:07 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Salah satu agenda Presiden AS Barack Obama dalam kunjungannya ke Arab Saudi adalah bertemu dengan para aktivis hak-hak perempuan negeri itu, Sabtu (29/3/2014).

Salah satu aktivisi perempuan yang ditemui Obama adalah Maha al-Muneef, yang dikenal sebagai seorang aktivis anti-kekerasan dalam rumah tangga. Tahun ini, Maha al-Muneef mendapatkan penghargaan dari Kementerian Luar Negeri AS. Dan Obama yang menyerangkan penghargaan itu kepada Maha.

Maha al-Muneef memulai program nasional keamanan keluarga pada 2005 untuk memerangi KDRT di Arab Saudi. Salah satu yang diperjuangkan Maha dan rekan-rekannya adalah mengakhiri "kekuasaan absolut" para penjaga pria.

Pertemuan Obama dan para aktivis perempuan ini digelar bersamaan dengan aksi para perempuan menentang larangan mengemudikan mobil di Arab Saudi.

Aktivis hak mengemudi Madiha al-Ajroush mengatakan mereka tidak merencanakan aksi itu berbarengan dengan kunjungan Obama. "Kami sudah menentukan tanggal aksi tiap bulan untuk mengejar cita-cita kami," kata Madiha.

Meski bertemu dengan para aktivis perempuan dan didesak organisasi pejuang HAM Amnesti Internasional serta sejumlah anggota senat AS, Obama tidak menyinggung soal HAM dalam kunjungannya ke Arab Saudi.

Kunjungan Obama ke Arab Saudi lebih ditujukan untuk "menenangkan" Raja Abdullah terkait kebijakan AS terkait Suriah dan Iran, yang hubungan AS dan Arab Saudi sedikit menegang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com