Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Rusia Ajak Obama Bahas Ukraina

Kompas.com - 29/03/2014, 16:11 WIB


Presiden Rusia Vladimir Putin menghubungi Presiden AS Barack Obama untuk membicarakan usulan AS mengenai solusi diplomatik terhadap krisis di Ukraina. Obama menerima telepon dari Putin saat kunjungan di Arab Saudi.

Obama menyarankan Rusia memberikan reaksi secara tertulis, seperti disampaikan oleh Gedung Putih. Menurut Kremlin, Putin disarankan untuk mengkaji bagaimana agar situasi dapat kembali stabil.

Aneksasi Rusia terhadap Crimea dari Ukraina menimbulkan kecaman internasional. Dalam pembicaraan telepon, Presiden AS mendesak Putin untuk mencegah penguatan pasukan di perbatasan Rusia dengan Ukraina.

"Presiden Obama menekankan kepada Presiden Putin bahwa Amerika Serikat melanjutkan dukungan terhadap upaya diplomatik dengan tujuan untuk menurunkan eskalasi krisis," demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih.

"Presiden Obama menjelaskan bahwa upaya ini dapat terjadi jika Rusia menarik tentaranya dan tidak melakukan upaya untuk melanggar integritas wilayah dan kedaulatan Ukraina."

Dua pemimpin tersebut menyepakati pembahasan akan dilakukan di tingkat menteri luar negeri kedua negara secepatnya.

Usulan AS antara lain pengiriman pemantau internasional untuk melindungi hak pengguna bahasa Rusia di Crimea dan penarikan pasukan Rusia ke pangkalan mereka.

Sementara itu di New York, Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan telah mendapatkan jaminan dari Presiden Putin bahwa pemimpin Rusia tidak memiliki niat untuk melakukan aksi militer ke Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com