Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Gay Bisa Menikah di Inggris

Kompas.com - 29/03/2014, 15:44 WIB


Pasangan sejenis diizinkan untuk menikah secara sah menurut hukum di Inggris dan Wales. Politisi dari partai utama memuji perubahan hukum yang ada.

Perdana Menteri David Cameron mengatakan langkah tersebut mengirimkan pesan bahwa orang memiliki hak yang sama apakah gay atau tidak. Namun, sejumlah kelompok agama menentangnya.

Skotlandia mengesahkan hukum yang sama pada Februari lalu dan pernikahan sejenis yang pertama diperkirakan akan dilakukan pada Oktober ini. Sementara Irlandia Utara belum memiliki rencana untuk mengikutinya.

Dalam sebuah artikel di situs Pink News, Perdana Menteri menulis, "Akhir pekan ini merupakan sebuah peristiwa penting di negara kita."

Pernyataan itu menyebutkan kita merupakan negara yang akan terus menghormati tradisi saling menghargai, toleransi, dan nilai yang sama.

Merasa lebih aman

Menurut Cameron, perubahan hukum itu akan mendorong anak-anak muda untuk yakin dengan seksualitas mereka.

Pemimpin Liberal Demokrat Nick Clegg mengatakan sebagai hasilnya, Inggris Raya akan menjadi sebuah tempat yang berbeda. Dia memberikan selamat kepada partainya karena menjadi bagian perubahan itu.

Salah satu dari pasangan sejenis pertama menikah di Islington Town Hall di London setelah perubahan hukum diberlakukan, tepat Sabtu dini hari.

Aktivis HAM Peter Tatchell menjadi saksi pada sebuah acara pernikahan Peter McGraith dan David Cabreza setelah bersama selama 17 tahun.

Tatchell mengatakan pasangan itu dan pasangan lainnya telah mencatat sejarah dan membuat Inggris menjadi tempat yang lebih toleran, dan setara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com