Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Meksiko Tewaskan 10 Anggota Kartel Zetas

Kompas.com - 28/03/2014, 17:07 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Militer dan kepolisian Meksiko berhasil menewaskan 10 anggota kartel obat bius Zetas dalam sebuah baku tembak di negara bagian Veracruz di sebelah timur negeri itu.

Selain 10 orang anggota kartel, seorang anggota polisi negara bagian dikabarkan terluka dalam bentrokan itu. Demikian badan keamanan publik Veracruz.

Baku tembak itu terjadi ketika pasukan keamanan ditembaki dari sebuah rumah saat mereka sedang melakukan pencarian kelompok penculik di kota Perote.

"Akibatnya baku tembak terjadi yang menewaskan sembilan orang pria dan seorang wanita," demikian badan keamanan publik Veracruz.

Pemerintah mengatakan, semua korban tewas adalah anggota unit penculik kartel Zetas yang juga merupakan salah satu sel paling berbahaya kartel tersebut.

Selain menewaskan 10 tersangka, aparat keamanan juga menyita 10 senjata api, amunisi, kaus dengan lambang kepolisian federal dan topi berlambang sebuah unit investigasi.

Kartel Zetas, yang didirikan seorang mantan anggota pasukan elite Meksiko, dikenal sebagai sebuah kelompok brutal yang dituding mendalangi berbagai aksi kekerasan yang mencemari Meksiko selama beberapa tahun terakhir ini.

Namun, pemerintah Meksiko yakin Zetas semakin melemah setelah dalam dua tahun terakhir para petinggi kartel itu satu demi satu diringkus aparat.

Ketua Zetas Miguel Angel Trevino ditangkap di negara bagian Tamaulipas pada Juni 2013. Sedangkan pendahulunya Heriberto Lazcano, tewas dalam baku tembak dengan tentara pada Oktober 2012.

Selain menyelundupkan narkotika, Zetas diketahui memiliki sejumlah kegiatan termasuk menyelundupkan imigran gelap ke AS, pemerasan, dan penculikan.

Pejabat pemerintah federal Meksiko mengatakan angka kasus pemerasan dan penculikan yang dilakukan Zetas meningkat karena bisnis utama mereka yaitu penyelundupan narkoba berhasil ditekan.

Tahun lalu, dilaporkan terjadi lebih dari 1.700 kasus penculikan, naik dari 1.414 kasus pada 2012.  Sebagian besar kasus penculikan itu terjadi di 10 negara bagian termasuk Veracruz. Meksiko memiliki 31 negara bagian ditambah wilayah khusus ibu kota, Mexico City.

Badan Anti-Penculikan Meksiko mengatakan sejak Januari lalu sebanyak 147 tersangka penculik ditangkap dan 15 korban penculikan dapat diselamatkan. Pemerintah Meksiko juga mengklaim berhasil memberantas 21 geng penculik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com