Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani di China Ciptakan Robot "Transformers" dari Onderdil Bekas

Kompas.com - 27/03/2014, 20:39 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Sebagian dari Anda tentu sudah menonton film fiksi Transformers? Nah, sekelompok petani di China ternyata mampu membuat robot-robot Transformers itu dari onderdil mobil bekas.

Para petani di desa Zhangqui, provinsi Shandong, China, itu tampaknya terinsipirasi dengan film karya Michael Bay itu. Bahkan, salah satu robot buatan mereka dicat merah dan biru layaknya Optimus Prime, pemimpin para Autobots.

Robot lain diberi warna kuning cerah seperti karakter Bumblebee yang sangat disukai penggemar remaja film ini. Beberapa robot lainnya hanya dicat abu-abu menggambarkan tokoh robot jahat, Decepticons.

"Ini adalah hobi semata. Saya menonton filmnya lalu mempelajari modelnya di internet, dan saya kemudian ingin membuatnya," kata Wang Shizun, salah soerang petani.

"Kami memasang lampu untuk mata robot-robot ini, dan beberapa dari mereka bahkan bisa menggerakkan tangan dan kaki," tambah dia.

Wang dan sekitar 11 orang temannya mengatakan untuk membuat model robot Transformer itu mereka mengeluarkan biaya antara 1.600 hingga 16.000 dolar untuk setiap robot.

Robot tertinggi hasil karya para petani itu berukuran 12 meter. Sayangnya, para petani itu belum mampu membuat robot-robot itu mengubah diri menjadi mobil atau pesawat terbang.

"Kami memikirkan bagaimana cara mereka berubah. Tapi sangat sulit membuat robot yang bisa berubah menjadi mobil di tahap ini," lanjut Wang.

Tak hanya Transformers, para petani ini juga membuat model yang terinspirasi dari berbagai film misalnya Alien, Predator, dan robot C-3PO dari film Star Wars.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com