Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AL Korsel Tangkap Kapal Nelayan Korut

Kompas.com - 27/03/2014, 20:20 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Sebuah kapal perang Korea Selatan, Kamis (27/3/2014), melepaskan tembakan peringatan dan menangkap sebuah kapal nelayan Korea Utara yang melintasi perbatasan di Laut Kuning.

Kapal nelayan itu berada satu mil laut di selatan perbatasan laut itu pada pukul 17.26 waktu setempat, sehingga memaksa sebuah kapal patroli Korea Selatan melakukan tindakan.

"Kami melepaskan tempakan peringatan saat kapal Korea Utara itu mengabaikan perintah untuk mundur," kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Dua jam kemudian, kapal nelayan dengan tiga orang awak itu ditangkap setelah gagal berlayar kembali ke wilayah Korea Utara akibat kabut dan gelombang yang terlalu kuat.

"Semua awak kapal akan diperiksa untuk mengetahui apakah mereka melintasi perbatasan dengan sengaja atau tidak," tambah si juru bicara.

Juru bicara itu menambahkan, tak dapat disangkal bahwa tindakan keras Korea Selatan ini akan meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea, khususnya di sekitar wilayah perbatasan laut.

Perbatasan laut itu, yang tak pernah diakui secara resmi oleh Pyongyang, pernah menjadi lokasi bentrokan laut singkat, tetapi berdarah pada 1999, 2002, dan 2009.

Peristiwa kapal Korea Utara menerobos perbatasan laut Korea Selatan sudah kerap terjadi.

Pada 25 Februari lalu, sebuah kapal patroli Korea Utara melintasi perbatasan pada saat latihan militer AS - Korea Selatan dimulai. Setelah diberi peringatan, kapal Korea Utara itu mundur kembali ke wilayahnya.

Sementara itu, insiden kapal nelayan Korea Utara ini terjadi berbarengan dengan dimulainya latihan pendaratan amfibi selama 12 hari yang melibatkan 15.000 prajurit AS dan Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com