Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barack Obama Kunjungi Paus Fransiskus di Vatikan

Kompas.com - 27/03/2014, 18:06 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Kamis (27/3/2014), melakukan pertemuan dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan dalam rangkaian kunjungannya di Italia.

Dalam pertemuan perdana antara kedua pemimpin itu, sejumlah isu menjadi agenda diskusi antara lain soal isu hak-hak kelompok gay dan soal penggunaan kontrasepsi.

Di awal pembicaraan, kepada Paus Fransiskus, Obama mengatakan bahwa dia adalah pengagum pemimpin gereja Katolik itu. Sejumlah pengamat menilai langkah Obama ini adalah untuk menarik dukungan umat Katolik AS terhadap dirinya.

"Bapa Suci selalu menjadi inspirasi banyak orang di seluruh dunia, termasuk saya. Namun itu bukan berarti kami selalu bersepakat dalam semua isu," ujar Obama kepada harian Corriere della Sera.

Sebelum menggelar pembicaraan dengan Obama, Paus Fransiskus terlebih dahulu memimpin misa yang dihadiri 500 politisi Italia. Dalam misa itu Paus memperingatkan agar mereka tidak berubah menjadi hati batu atau  melakukan korupsi.

Selain bertemu Paus Fransiskus, selama kunjungan di Italia, Obama juga akan melakukan pembicaraan dengan perdana menteri Italia, Matteo Renzi dan Presiden Giorgio Napolitano.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com