Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Seoul Perketat Iklan Operasi Plastik pada Kendaraan Umum

Kompas.com - 26/03/2014, 19:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Seoul bakal memperketat pemasangan iklan operasi plastik yang dipasang pada kendaraan umum. Menurut pernyataan resmi pada Rabu (26/3/2014), maraknya iklan operasi plastik bisa memunculkan obsesi tak sehat terhadap penampilan seseorang.

Menurut warta AP  hari ini, Korea Selatan (Korsel) khususnya Seoul sudah begitu sohor dengan operasi plastik. Maka, tak mengherankan kalau iklan operasi plastik begitu mendominasi jalan-jalan raya, kereta api bawah tanah, halte bus, dan di kursi penumpang bus. Iklan itu biasanya menampilkan foto-foto keberhasilan operasi plastik.

Stasiun Kereta Api Bawah Tanah Apgujong, di Distrik Gangnam, misalnya, hampir separuh iklan bertemakan operai plastik. Gangnam adalah pusat ribuan klinik operasi plastik.

Nantinya, kebijakan baru pemerintah Seoul itu hanya akan menempatkan iklan operasi plastik pada porsi 20 persen. "Kami menemukan bukti kalau keluhan dari warga masyarakat soal dampak operasi plastik makin menanjak angkanya,"kata pernyataan pemerintah Kota Seoul sebagaimana pernyataan salah seorang pejabatnya, Lee Chang-Min.

Catatan pemerintah Kota Seoul menunjukkan kalau pada Maret tahun ini, seorang perempuan berusia 34 tahun tewas pascaoperasi plastik di hidungnya. Korban mengalami gangguan pernapasan.

Sebelumnya, seorang remaja perempuan tewas setelah mengalami koma usai menjalankan operasi plastik di bagian hidung. Insiden itu pada Desember 2013.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com