Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parlemen Ukraina Pecat Menteri Pertahanan

Kompas.com - 25/03/2014, 22:07 WIB
KIEV, KOMPAS.com — Parlemen Ukraina, Selasa (25/3/2014), memecat menteri pertahanan Igor Tenyukh setelah memutuskan menarik mundur pasukan Ukraina di Crimea tanpa melepaskan satu tembakan pun ke pasukan Rusia.

Kekalahan total di Crimea itu menjadi sebuah pukulan psikologis yang berat bagi warga Ukraina yang dalam beberapa tahun terakhir ini terkungkung korupsi dan ambruknya perekonomian negeri itu.

Sebanyak 228 dari 450 anggota parlemen Verkhovna Rada menyetujui pemecatan Igor Tenyukh, setelah dia mengajukan pengunduran dirinya dalam sebuah pidato emosional yang disiarkan langsung televisi nasional.

"Saya tidak pernah mencoba untuk mempertahankan pekerjaan saya, dan saat ini saya juga tak akan melakukannya," kata Tenyukh.

Parlemen kemudian memilih Letnan Jenderal Mykhailo Koval sebagai pengganti Tenyukh setelah namanya disetujui penjabat presiden Oleksandr Turchynov.

Koval menjadi bahan berita setelah sempat ditahan milisi pro-Kremlin di dekat pangkalan militer yang dipimpinnya di Yalta, Crimea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com