Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Guinea, Ebola Kini Menyebar ke Sierra Leone

Kompas.com - 25/03/2014, 21:08 WIB
FREETOWN, KOMPAS.com - Wabah penyakit diduga Ebola yang sebelumnya menghantam Guinea di Afrika Barat, kini mulai menyebar ke negeri tetangganya Sierra Leone.

Kementerian Kesehatan Sierra Leone, Selasa (25/3/2014), mengatakan tengah melakukan investigasi terkait dua kasus diduga Ebola di negeri itu.

"Sejauh ini belum ada kasus yang terkonfirmasi ebola di negeri kami. Apa yang terjadi adalah kasus terduga ebola yang kini tengah diperiksa dan tim kami mengambil sampel darah dari orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien," kata seorang pejabat Kementerian Kesehatan, Brima Kargbo.

Kepada wartawan Karbo mengatakan salah satu pasien terduga ebola adalah seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun yang meninggal dunia dua pekan lalu di Guinea.

Jasad bocah itu kemudian dibawa pulang keluarganya ke desanya di distrik Kono yang tak jauh dari perbatasan dengan Guinea.

Sedangkan pasien terduga ebola kedua berada di distrik Kambia, sebelah utara negeri itu. Namun, Karbo tidak menjelaskan apakah pasien kedua ini masih hidup atau sudah meninggal dunia.

"Ini adalah kali pertama sebuah ancaman wabah penyakit muncul di negeri ini. Kami kini bersiap-siap jika penyakit itu terdiagnosa sudah menyebar di Sierra Leone," ujar Karbo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com