Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intelijen Pakistan Dituding Terlibat Penyerangan Hotel di Kabul

Kompas.com - 25/03/2014, 20:21 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Badan intelijen Afganistan, Selasa (25/3/2014), menuding dinas intelijen Pakistan terlibat dalam perencanaan Hotel Serena, Kabul yang menewaskan sembilan orang termasuk seorang jurnalis AFP.

Pakistan adalah pendukung utama rezim Taliban Afganistan, dan para pejabat Afganistan sudah lama mencurigai hubungan antara Taliban dan intelijen Pakistan.

Bukan kali ini saja Pakistan dituding terlibat dalam berbagai serangan teror di Afganistan, namun kali ini Direktorat Keamanan Afganistan (NDS) menyampaikan tuduhannya dengan rincian yang tak biasa.

NDS mengatakan, sejumlah orang asing yang "terkait dengan dinas rahasia" terlihat di sekitar Hotel Serena mengambil foto menjelang serangan maut itu terjadi.

"Dari penyelidikan NDS dan temuan di lapangan menunjukkan bahwa dinas intelijen Pakistan terlibat dalam serangan maut itu," demikian pernyataan NDS.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Afganistan mengatakan sudah menahan tujuh pekerja perusahaan keamanan Shield Security, yang bertugas menjaga Hotel Serena malam itu.

Kementerian Luar Negeri Pakistan lewat juru bicaranya Tasneem Aslam langsung membantah tudingan Afganistan itu dan menyebut tuduhan itu "sangat mengganggu".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com