Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mereka yang Hilang Bersama Malaysia Airlines

Kompas.com - 25/03/2014, 09:56 WIB

KOMPAS.com — Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan, Senin (24/3/2014), penerbangan Malaysia Airlines MH370 berakhir di wilayah selatan Samudra Hindia.

Pihak Malaysia Airlines dikabarkan telah menghubungi keluarga penumpang dan menyatakan bahwa 239 orang di pesawat itu tidak ada yang selamat.

Namun, penumpang pesawat itu bukan sekadar angka. Tiap-tiap dari mereka adalah pribadi yang unik. Mereka adalah manusia yang kisahnya menggerakkan rasa kemanusiaan dunia yang bersatu dalam misi pencarian selama lebih dari dua minggu.

Di antara mereka ada insinyur, artis, pemeran pengganti, peziarah, dan wisatawan. Penumpang termuda berusia 2 tahun, yang tertua 76 tahun. Lima penumpang tidak sempat merayakan ulang tahun mereka yang kelima.

Mereka adalah orang-orang yang dicintai dan ditunggu kabarnya dengan penuh rindu oleh keluarga mereka. Mereka adalah segalanya bagi keluarga mereka. 

Dan, ini lebih dari sekadar angka.

Siapa saja mereka? Dikutip dari CNN, berikut ini sedikit kisah tentang mereka:

Moheng Wang, Rui Wang, dan Weiwei Jiao

Moheng adalah penumpang termuda di pesawat itu. Usianya baru dua tahun. Ia terbang bersama orangtuanya, Rui Wang dan Weiwei Jiao (30-an). Mereka kembali ke Beijing setelah menghabiskan liburan di Malaysia.

Seminggu sebelum berangkat, Rui mengirim surat elektronik kepada teman-teman sekelasnya. Ia bercerita tentang pengalaman liburannya di Malaysia. Ia berbagi cerita dan foto secara rutin kepada teman-temannya itu. Di Beijing, sebuah proyek tengah menunggu Rui untuk diselesaikan.

"Foto-foto yang ia kirimkan melalui e-mail sungguh fantastis," kata Saleel Limaye, salah seorang temannya.

Weiwei juga meninggalkan kesan mendalam bagi sahabat-sahabatnya. "Ia orang yang hangat, baik, dan penuh perhatian. Saya dan Weiwei langsung 'klik' saat kali pertama bertemu. Kami bersahabat erat, pergi ke mana-mana berdua," tutur Weina Shi, sahabat Weiwei.

Menurut Weina Shi, Weiwei adalah seorang istri yang baik. Weiwei selalu meninggalkan pesan dalam secarik kertas kepada Rui, setiap kali dia pergi ke luar rumah.

Dai Shuling dan Jiao Wenxue

Dai dan Jiao adalah orangtua Weiwei, kakek dan nenek Moheng. Mereka bergabung dalam liburan ke Malaysia. Keduanya berumur 58 tahun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com