Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Airlines Bertekad Teruskan Pencarian MH370

Kompas.com - 24/03/2014, 22:46 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Malaysia Airlines, Senin (24/3/2014), meski telah menyampaikan bahwa MH370 "diasumsikan" jatuh di Samudra Hindia, mereka bertekad tetap akan mencari pesawat yang hilang itu hingga ditemukan.

"Malaysia Airlines dengan sangat menyesal mengatakan bahwa kami harus mengasumsikan MH370 jatuh di wilayah selatan Samudra Hindia," demikian pernyataan maskapai itu kepada para keluarga korban.

"Atas nama manajemen Malaysia Airlines dan warga Malaysia, kami bersama keluarga para penumpang pada masa-masa yang sangat menyedihkan itu," tambah pernyataan itu.

"Kami paham tak ada kata-kata yang bisa meringankan kesedihan dan dukacita kalian. Maka, kami akan terus memberikan bantuan kepada Anda," tambah Malaysia Airlines.

Manajemen Malaysia Airlines, dalam pernyataannya, menegaskan tetap akan mencari pesawat yang hilang itu hingga ditemukan dan mencari jawaban atas pertanyaan yang selama ini mengganjal.

MH370 menghilang tiba-tiba dari radar pada 8 Maret 2014 saat melintasi Laut China Selatan dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing, mengangkut 227 penumpang dan 12 awak.

Pemerintah Malaysia yakin seseorang dengan sengaja mengubah arah pesawat itu. Namun, minimnya bukti justru memicu spekulasi dan teori konspirasi yang semakin membuat keluarga penumpang tersiksa.

Pencarian berskala internasional yang dilakukan di Samudra Hindia sejak pekan lalu setelah satelit menangkap citra sebuah benda mengapung di lautan yang diduga pecahan dari pesawat naas itu.

Sejauh ini belum dipastikan apakah benda-benda yang terlihat di Samudra Hindia itu berasal dari MH370. Selain itu, belum diketahui hal yang menyebabkan pesawat itu melenceng sangat jauh dari jalur yang seharusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com