Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Al Qaeda Tewaskan 20 Prajurit Yaman

Kompas.com - 24/03/2014, 20:27 WIB

SANAA, KOMPAS.com — Sebanyak 20 anggota militer Yaman tewas dalam serangan atas sebuah pos pemeriksaan militer di Yaman timur.

Kantor berita Yaman, Saba, melaporkan, serangan mematikan berlangsung di provinsi Hadramawt, yang merupakan pusat produksi minyak di negara itu.

Sebuah sumber keamanan mengatakan, serangan berkaitan dengan kelompok Al Qaeda di Semenanjung Arab atau AQAP.

Sumber lainnya mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa serangan dilakukan oleh sekelompok pria bersenjata yang menggunakan beberapa kendaraan.

Sebuah helikopter militer dilaporkan mendarat di tempat serangan untuk membawa jenazah tentara yang tewas, sementara pesawat tempur terbang di atasnya.

Menteri Dalam Negeri Abdo Tareb sudah memerintahkan agar pimpinan aparat keamanan setempat diperiksa untuk memastikan mengapa serangan tersebut bisa terjadi.

Militer Yaman dalam beberapa tahun belakangan melancarkan operasi untuk melawan AQAP, yang keberadaannya cukup kuat di Provinsi Hadramawt.

Pemerintah berupaya untuk memulihkan keamanan dan stabilitas politik setelah unjuk rasa pada awal 2012 berhasil menggulingkan Presiden Ali Abdullah Saleh, yang sudah berkuasa 30 tahun lebih.

Militan Al Qaeda tampaknya memanfaatkan krisis politik ini untuk menguasai beberapa wilayah di Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com