Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Induk AS Tiruan, Ternyata Properti Film Produksi Iran

Kompas.com - 24/03/2014, 20:16 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Beberapa hari lalu muncul berita soal satelit AS yang menangkap citra sebuah kapal yang sangat mirip kapal induk AS kelas Nimitz di Teluk Persia.

Pada awalnya, AS meyakini kapal itu adalah sebuah kapal tiruan Nimitz yang dibuat Iran sebagai keperluan propaganda. Demikian dikabarkan harian The New York Times mengutip sumber-sumber intelijen.

Namun, pada Minggu (23/3/2014), media Iran mengatakan, replika kapal induk Nimitz yang terlihat di perairan Iran tak lebih dari sebuah perlengkapan pembuat film.

Sejumlah harian di Iran mengatakan "kapal induk" itu merupakan bagian dari dekorasi film yang sedang dibuat sutradara Nader Talebzadeh.

Film itu mengisahkan tragedi tertembaknya sebuah pesawat Iran Air oleh kapal USS Vincennes. Saat itu, AS mengatakan tertembaknya Iran Air dengan 290 orang penumpang adalah sebuah kecelakaan.

Sebelumnya, kepada Reuters, juru bicara Armada Kelima AS di Bahrain mengatakan, pihaknya sudah mengetahui "kapal induk" itu hanyalah sebuah replika.

"Kami sudah tahu itu bukan kapal induk sesungguhnya. Itu memang dibuat mirip dengan salah satu kapal induk AS. Yang membuat kami bingung adalah apa tujuannya?" kata juru bicara Armada Kelima AS Jason Salata.

"Kami menduga Iran tengah membuat target untuk latihan menembakkan misil dan menggunakannya sebagai propaganda. Agak membingungkan. Jika Anda yang membuatnya, apa kira-kira tujuan Anda?" tambah Salata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com