Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Amerika dan Eropa Kompak Hukum Rusia

Kompas.com - 24/03/2014, 19:45 WIB
AMSTERDAM, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Senin (24/3/2014), menegaskan kembali persatuan Barat dalam menekan Rusia terkait aneksasi Crimea. Pernyataan Obama disampaikan menjelang pertemuan darurat G-8 yang salah satu agendanya adalah mencoret Rusia dari keanggotaan kelompok elite itu.

"Eropa dan Amerika bersatu mendukung pemerintah dan rakyat Ukraina. Kami bersatu dalam menerapkan sanksi terhadap Rusia karena langkahnya sejauh ini," kata Obama di hadapan para wartawan di Rijksmuseum, Amsterdam.

Dari Amsterdam, Obama kemudian bertolak menuju Den Haag untuk menghadiri KTT G-7 untuk mendiskusikan langkah-langkah yang harus diambil untuk mengakhiri ketegangan Timur-Barat terburuk sejak akhir Perang Dingin.

Di Ukraina, pemerintah negeri itu sudah memerintahkan militernya bergegas mundur dari Crimea, setelah semenanjung itu dikuasai Rusia. Aneksasi Crimea, yang menurut Rusia adalah sebuah reunifikasi, memaksa Barat mempertimbangkan hubungan mereka dengan Moskwa.

Krisis di Ukriana ini tampaknya akan mendominasi KTT di Den Haag yang seharusnya membicarakan soal keamanan nuklir dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com