Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Hilangnya Malaysia Airlines, Singapura Ketatkan Keamanan Bandara

Kompas.com - 24/03/2014, 19:28 WIB
SINGAPURA, KOMPAS.com — Pemerintah Singapura memperketat keamanan di bandara internasional Changi setelah insiden hilangnya Malaysia Airlines MH370 dua pekan lalu. Demikian penjelasan kepolisian negeri itu, Senin (24/3/2014).

Tak lama setelah pesawat yang membawa 239 penumpang dan awak itu hilang pada 8 Maret 2014, Pemerintah Malaysia merilis foto dua warga Iran yang menggunakan paspor curian untuk naik ke atas pesawat yang hilang itu.

Fakta yang menunjukkan buruknya pengamanan di bandara internasional Kuala Lumpur itu serta-merta memicu teori aksi terorisme di dalam pesawat Boeing 777-200 itu.

Bandara Changi merupakan sebuah "gerbang internasional" tempat hampir 7.000 penerbangan datang dan pergi setiap pekan. Selain itu, setiap harinya tak kurang dari 147.000 penumpang lalu lalang di bandara itu.

"Berkaca pada insiden MH370, kepolisian Singapura serta otoritas imigrasi memutuskan untuk meningkatkan keamanan di bandara Changi sebagai sebuah langkah antisipasi," demikian pernyataan kepolisian Singapura.

Namun, pernyataan itu tidak menjelaskan dengan rinci langkah-langkah peningkatan keamanan  yang diambil kepolisian Singapura di Bandara Changi.

"Langkah-langkah keamanan di bandara disesuaikan dengan standar internasional yang disarankan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO)," masih pernyataan kepolisian.

"Kami sangat menghargai pengertian dan kesabaran para pengguna bandara di saat kami harus meningkatkan pengawasan demi keselamatan dan keamanan penerbangan," tambah kepolisian.

Malaysia Airlines dengan kode penerbangan MH370 dengan 239 penumpangnya hilang dari pantauan radar saat melintas di atas perairan Vietnam dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Kini operasi besar-besaran berskala nasional masih terus mencari keberadaan pesawat tersebut. Pencarian kini dipusatkan di Samudra Hindia, dan sejauh ini sudah menemukan sejumlah obyek yang diduga terkait dengan penerbangan MH370.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com