Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Etnis Tatar Crimea Meminta Suaka di Polandia

Kompas.com - 21/03/2014, 19:20 WIB
WARSAWA, KOMPAS.com — Sebanyak 32 orang warga Tatar Crimea mengajukan permintaan status pengungsi di Polandia menyusul aneksasi Rusia terhadap wilayah semenanjung di Laut Hitam itu. Demikian ungkap badan penjaga perbatasan Polandia, Jumat (21/3/2014).

Ke-32 orang Tatar Crimea itu terbagi dalam delapan keluarga, meminta status pengungsi itu sejak Kamis (20/3/2014), di perbatasan antara Ukraina dan desa Medyka, di sebelah selatan wilayah Polandia.

"Mereka mengatakan, permintaan itu diakibatkan situasi di Crimea. Kami menerima permintaan mereka dan mengajukan prosedur administratif," kata juru bicara pasukan penjaga perbatasan Polandia, Agnieszka Golias.

Para warga Tatar Crimea itu, lanjut Agnieszka, untuk sementara ditempatkan di sebuah pusat penampungan pengungsi.

Kelompot etnis Tatar yang beragama Islam itu berjumlah sekitar 15 persen dari seluruh warga Crimea. Mereka memprotes intervensi Rusia dan sebagian besar dari mereka memboikot referendum Crimea.

Etnis Tatar memilih tetap berada di bawah pemerintahan Kiev karena memiliki sejarah buruk dengan bangsa Rusia saat Uni Soviet masih berdiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com