Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kirim 7 Kapal ke Samudra Hindia, Cari Pesawat Malaysia Airlines

Kompas.com - 21/03/2014, 14:00 WIB
BEIJING, KOMPAS.COM -  Setidaknya tujuh kapal China menuju ke Samudera Hindia selatan, Jumat (21/3/2014). Dugaan serpihan pesawat Malaysia Airlines yang hilang terlihat di samudra itu.

Kantor berita resmi China, Xinhua, mengatakan bahwa kapal-kapal penyelamat Haixun 01 dan 31 dan Nanhaijiu 101 serta 115 diberangkatkan ke daerah pencarian tersebut. Tiga kapal angkatan laut China lainnya sudah dalam perjalanan,  tambah laporan itu.

Xinhua juga mengatakan bahwa kapal pemecah es untuk penelitian di Antartika, yaitu Xuelong atau Naga Salju, akan menuju ke wilayah itu "sesegera mungkin". Xuelong berlabuh di pelabuhan Fremantle, Australia barat. Januari lalu, kapal itu ambil bagian dalam upaya penyelamatan personel kapal Rusia yang terdampar di Antartika.

Australia kemarin mengatakan bahwa satelit telah menangkap citra dua obyek di Samudera Hindia selatan. Yang terbesar diperkirakan mencapai panjang 24 meter.

Pengumuman itu menimbulkan harapan terkait hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 itu, tetapi para pejabat memperingatkan bahwa apa yang tampak dalam citra satelit itu masih perlu dikonfirmasi.

Dari 239 orang di pesawat Boeing 777, yang hilang pada 8 Maret dalam penerbangan malam hari dari Kuala Lumpur ke Beijing, itu 153 orang di antaranya berasal dari China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com