Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coba Tengahi Krisis, Sekjen PBB Bertolak ke Rusia dan Ukraina

Kompas.com - 19/03/2014, 21:58 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Rabu (19/3/2014), dikabarkan tengah bersiap untuk berangkat ke Rusia dan Ukraina untuk mendorong penyelesaian damai krisis Crimea yang berpotensi memicu konflik dua negara itu.

Ban Ki-moon dijadwalkan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (20/3/2014), dan sehari setelahnya dilanjutkan pertemuan dengan Presiden Olexandr Turchynov dan PM Arseniy Yatsenyuk di Kiev.

"Sekretaris Jenderal secara konsisten menyerukan sebuah solusi yang sesuai prinsip-prinsip deklarasi PBB. Sekjen meminta semua pihak menyelesaikan krisis secara damai," demikian pernyataan kantor Ban Ki-moon.

Moskwa dan Kiev tinggal selangkah lagi terlibat konflik bersenjata menyusul tergulingnya Presiden Viktor Ynukovych yang pro-Rusia akhir Februari lalu.

Pada Selasa, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani sebuah traktat yang secara resmi memasukkan semenanjung Crimea menjadi wilayah Rusia.

Peristiwa itu kemudian disusul penyerbuan sebuah pangkalan AL Ukraina di Sevastopol, sehari kemudian.

Sebagian besar negara di dunia, termasuk AS dan Uni Eropa, menyatakan aneksasi Rusia terhadap Crimea adalah langkah ilegal. Sebagai balasannya, Moskwa tidak mau mengakui pemerintahan Ukraina yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com