Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Malaysia Airlines Sempat Tertangkap Radar Thailand

Kompas.com - 19/03/2014, 15:30 WIB

BANGKOK, KOMPAS.comSepuluh hari sejak menghilangnya pesawat Malaysia Airlines, Pemerintah Thailand, Rabu (19/3/2014), mengatakan, militer mereka mengidentifikasi sinyal radar yang mungkin berasal dari pesawat tersebut.

Thailand mengatakan, sinyal itu menunjukkan bahwa pesawat MH370 terbang ke arah barat ke Selat Malaka. Klaim ini mendukung teori sebelumnya yang diungkapkan militer Malaysia.

Juru bicara Angkatan Udara Thailand Montol Suchookorn mengatakan, data tersebut baru dirilis sekarang karena pada awalnya permintaan informasi Malaysia kurang spesifik.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan Indonesia mengatakan bahwa radar mereka tidak menangkap sinyal apa pun dari pesawat MH370.

Hingga saat ini upaya pencarian masih dilakukan. Sembilan kapal dari China saat ini sudah bergabung dalam pencarian pesawat di Samudra Hindia.

Secara keseluruhan, pencarian bersama dilakukan oleh kapal dan pesawat dari 26 negara di wilayah yang luasnya hampir sama dengan Benua Australia.

Informasi dari otoritas Malaysia tentang pesawat MH370 yang simpang siur sempat membuat kerabat para penumpang asal China mengancam akan melakukan aksi mogok makan.

Pesawat yang mengangkut 329 penumpang ini hilang pada Sabtu (8/3/2014) lalu dan terakhir terdeteksi di perairan Vietnam.

Setelah sepuluh hari hilang tanpa jejak, berbagai teori terkait hilangnya pesawat Boeing 777-200 ini muncul. Sejumlah kalangan menyebut sejumlah kemungkinan, mulai dari serangan teroris, pilot bunuh diri, hingga kemungkinan dibajak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com