Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Malaysia Airlines MH370 Mencakup 7 Juta Kilometer Persegi

Kompas.com - 19/03/2014, 07:56 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.COM — Pencarian kini memasuki hari ke-12, tetapi personel militer dari 26 negara tampaknya masih belum ada tanda-tanda menemukan pesawat jet penumpang Malaysia Airlines.

Pihak berwenang Malaysia, Selasa (18/3/2014), mengatakan, pencarian pesawat Boeing 777 dengan 239 orang di dalamnya telah diperluas hingga mencakup lebih dari tujuh juta kilometer persegi. Itu merupakan daerah sebesar Australia mulai dari Asia Tengah di utara ke Samudra Hindia di bagian selatan.

Militer Thailand pada hari Selasa telah merilis informasi radar baru yang bisa mendukung laporan-laporan sebelumnya bahwa pesawat jet Malaysia Airlines itu membelok tajam ke arah barat menuju Selat Malaka setelah kontak terakhirnya direkam 8 Maret dini hari di sebelah utara Malaysia. Pesawat itu dalam penerbangan yang sesuai jadwal dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Pemerintah Thailand mengatakan, radarnya mendeteksi sebuah pesawat yang mungkin adalah MH370 yang hilang itu, tetapi semula tidak menaruh perhatian pada jet itu karena bukan merupakan ancaman bagi keamanannya.

Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein mengimbau kerja sama internasional yang lebih besar untuk membantu mempertajam pencarian. Pihak berwenang yakin jet itu dengan sengaja dialihkan dan diterbangkan kalau tidak ke Asia Tengah, di atas Samudra Hindia.

Pihak berwenang tidak bersedia mengesampingkan setiap kemungkinan termasuk aksi teroris, pembajakan, kerusakan mesin, atau kemungkinan pilot bunuh diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com