Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Tanda Tangani Dekrit Akui Referendum Crimea

Kompas.com - 18/03/2014, 02:00 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Vladimir Putin, Senin (17/3/2014) siang waktu setempat, menandatangani dekrit pengakuan hasil referendum Crimea. Referendum itu memutuskan Crimea memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung ke Rusia.

Menurut kantor berita Rusia, mengutip pernyataan dari Kremlin, dekrit tersebut menyatakan, "Mengakui Republik Crimea, dengan status khusus untuk Sevastopol, sebagai wilayah berdaulat dan independen."

Dikutip dari AFP, kantor berita Rusia melaporkan bahwa Kremlin menyatakan keputusan tersebut dibuat sebagai sikap atas hasil referendum Crimea yang digelar pada Minggu (16/3/2014).

Referendum Crimea merupakan salah satu babak terbaru dari krisis di Ukraina yang berlangsung sejak November 2013. Pada Februari 2014, demokrasi di Kiev, ibu kota Ukraina, menggulingkan pemerintahan dan menempatkan kubu oposisi di puncak kekuasaan.

Krisis Ukraina bermula dari gagalnya kesepakatan dagang Ukraina dengan Uni Eropa, diduga kuat karena intervensi Rusia berupa kucuran dana talangan sekaligus kortingan harga gas. Demonstrasi pun bergulir, mulai dari demonstrasi damai hingga aksi yang memakan korban puluhan orang menjelang penggulingan pemerintah saat itu.

Setelah kekuasaan berganti, giliran negara bagian Crimea yang secara historis maupun faktual memiliki kedekatan dengan Rusia, meradang. Puncaknya adalah referendum pemisahan diri tersebut, sekalipun minoritas Muslim Tartar menolaknya.

CNN Peta Ukraina berdasarkan penggunaan bahasa dalam percakapan sehari-hari
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com