Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan Internasional Hadiahkan Rp 12 Miliar untuk Guru Teladan

Kompas.com - 17/03/2014, 20:59 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Penghargaan khusus untuk guru teladan dunia senilai 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 12 miliar telah diluncurkan dan pemenang akan diminta untuk menjadi duta dunia.

Hadiah pertama dari Varkey Gems Foundation Global Teacher akan diserahkan kepada satu orang guru yang melakukan kontribusi menonjol dalam profesinya, kata penyelenggara.

Pemenang akan mendapatkan hadiah 1 juta dolar AS yang dibayar dalam jangka waktu 10 tahun dan diminta menjabat sebagai duta yayasan Varkey Gems dengan menghadiri berbagai pertemuan.

Namun mereka juga akan diminta tetap bekerja sebagai guru selama paling tidak lima tahun sebagai persyaratan untuk menerima penghargaan.

Guru dari negara manapun yang mengajar untuk murid di bawah usia 18 tahun berhak mendaftar.

Yayasan Varkey Gems mengatakan hadiah itu diluncurkan untuk meningkatkan status profesi guru.

Guru yang terpilih disebutkan harus seseorang yang meraih hasil luar biasa dalam pengajaran dan juga dihargai oleh komunitas mereka terkait aktivitas sekolah. Penyelenggara menggambarkan hadiah itu setara dengan Hadiah Nobel.

Pemberian hadiah itu didukung wakil presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Ketua kehormatan yayasan, mantan presiden AS, Bill Clinton mengatakan merupakan hal yang sangat penting mencari orang terbaik untuk mengajar dan memberikan penghargaan kepada mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com