Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Terapkan Dua Pembagian Tugas Pencarian MH370

Kompas.com - 17/03/2014, 19:10 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Malaysia menerapkan dua pembagian tugas pencarian MH370 untuk 26 negara yang saat ini memberikan bantuan pencarian. Penjabat Menteri Transportasi Hishammuddin Hussein mengemukakan hal itu dalam konferensi pers termutakhir pada Senin (17/3/2014) sebagai warta AP .

Menurutnya, negara-negara tersebut dibagi dalam dua grup. Grup pertama adalah negara-negara yang mempunyai kemampuan penggunaan radar dan satelit canggih. Sementara, pada grup kedua, Malaysia meminta izin pemanfaatan wilayah masing-masing sebagai lokasi pencarian darat dan laut. "Koordinasi ada pada kami," kata Hussein.

Sejauh ini, kata Hussein, dalam 24 jam ke belakang, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak sudah berbicara kepada Perdana Menteri Australia Tony Abbot dan Perdana Menteri China Li Keqiang soal permintaan bantuan. Sementara, Malaysia juga sudah mengirimkan nota diplomatik untuk permintaan bantuan tersebut.  

Berikut ini negara-negara yang membantu Malaysia dalam pencarian pesawat milik Malaysia Airlines (MAS), yakni China, Australia, Banglades, Brunei, Perancis, India, Indonesia, Jepang, Kazakhstan, Kirgistan, Laos, Myanmar, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Rusia, Singapura, Korsel, Thailand, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Inggris, AS, Uzbekistan, dan Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com