Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Udara Buruk, Warga Paris Dibatasi Pakai Mobil Pribadi

Kompas.com - 17/03/2014, 17:01 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Aturan baru yang membatasi penggunaan kendaraan pribadi mulai diterapkan di ibu kota Perancis, Paris, untuk mengatasi tingginya polusi udara. Mulai Senin (17/3/2014), warga hanya boleh menggunakan mobil pribadi tiap dua hari sekali.

Pemerintah Perancis membuat keputusan itu setelah polusi udara melampaui batas aman lima hari berturut-turut di Paris dan sekitarnya.

Penggunaan sepeda motor juga diatur. Pemerintah hanya membolehkan penggunaan sepeda motor dengan pelat nomor ganjil di jalan.

Mulai Jumat kemarin, transportasi publik digratiskan untuk tiga hari ke depan sebagai upaya untuk mendorong warga meninggalkan mobil mereka di rumah.

Kondisi berkabut di kota Paris terjadi karena dinginnya udara malam dan hangatnya suhu pada siang hari sehingga polusi kendaraan terperangkap dan sulit hilang.

Kualitas udara Paris mencatatkan rekor terburuk dengan tingkat dua kali dari ambang batas aman. Demikian menurut lembaga lingkungan hidup Perancis. Kondisinya bersaing dengan polusi ibu kota China, Beijing, yang menjadi kota paling terpolusi di dunia.

Pemerintah akan meninjau kembali tingkat polusi pada Senin, sebelum memutuskan apakah akan memperpanjang pembatasan mengemudi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com