Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin: Referendum Crimea Sesuai Hukum Internasional

Kompas.com - 17/03/2014, 16:08 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada rekannya, Presiden AS Barack Obama, bahwa referendum Crimea sesuai dengan hukum internasional dan deklarasi PBB. Demikian Kremlin, Senin (17/3/2014).

Menurut perhitungan suara, lebih dari 95 persen warga Crimea mendukung wilayah itu kembali bergabung dengan Rusia dan berpisah dengan Ukraina.

Dalam sebuah pembicaraan telepon, kepada Obama, Putin mengatakan, warga di semenanjung itu akan dijamin kebebasan berekspresi dan menentukan pilihannya sendiri.

Menurut bagian media massa Kremlin, kedua pemimpin itu sepakat untuk mencari cara terbaik dalam menyelesaikan krisis Ukraina meski keduanya masih memiliki perbedaan pendapat.

Sebelumnya, pada Minggu (16/3/2014), Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan, Washington tidak akan mengakui hasil referendum Crimea itu dan menggambarkan aksi Rusia di kawasan itu sangat berbahaya dan mengganggu stabilitas politik kawasan.

Sejumlah pemimpin negara Barat juga menyuarakan penolakan mereka atas hasil referendum Crimea dan menganggap proses itu tidak sesuai dengan konstitusi.

Sementara itu, Presiden Parlemen Eropa Martin Schulz menyatakan, referendum Crimea itu bertentangan dengan undang-undang Ukraina dan hukum internasional dan akan menambah rumit usaha untuk menyelesaikan krisis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com