Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Gorila Dilahirkan Lewat Operasi Caesar

Kompas.com - 17/03/2014, 07:58 WIB
SAN DIEGO, KOMPAS.COM - Taman Safari San Diego menyambut kehadiran seekor bayi gorila yang dilahirkan lewat operasi caesar, prosedur yang sangat jarang dilakukan untuk spesies tersebut. Anggota staf kebun binatang mengatakan, Imani (18), gorila betina yang baru pertama kali melahirkan, memperlihatkan tandatanda kesulitan saat akan melahirkan.

Harian Los Angeles Times memberitakan, dokter hewan yang mengawasi persalinan khawatir bayi gorila tidak akan selamat. Karena tidak ada kemajuan, tim medis, setelah berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan dari Universitas California-Rumah Sakit San Diego, memutuskan untuk melakukan operasi caesar. ”Setelah kami evaluasi, keputusan untuk operasi caesar adalah keputusan yang tepat. Kami yakin kesehatan bayi gorila akan terganggu kalau operasi itu ditunda,” ujar Nadine Lamberski, wakil direktur layanan kesehatan hewan di kebun binatang itu.

Bayi gorila perempuan yang belum diberi nama itu lahir dengan berat 130 gram dan langsung dibawa ke unit pelayanan intensif untuk perawatan lanjutan. Adapun Imani dalam kondisi sehat dan mulai memulihkan diri. Bayi gorila itu adalah gorila ke-17 yang lahir di Taman Safari San Diego. (UPI/was)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com