Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Malaysia Periksa Rumah Pilot Malaysia Airlines MH 370

Kompas.com - 15/03/2014, 15:40 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Polisi Malaysia mulai memeriksa kediaman pilot Malaysia Airlines MH 370 yang hilang, setelah Perdana Menteri Najib Razak menyatakan bahwa insiden itu terjadi karena kesengajaan seseorang.

Polisi Malaysia langsung meluncur ke kediaman pilot Zaharie Ahmad Shah (53) pada Sabtu (15/3/2014) siang, sesaat setelah PM Najib Razak mengumumkan adanya unsur kesengajaan dari salah satu pilot yang menerbangkan pesawat tersebut untuk mengalihkan rute penerbangan.

Para penyidik telah memastikan bahwa pesawat yang hilang itu terlacak oleh radar militer, sesaat setelah alat komunikasi di pesawat Boeing 777-200 itu dimatikan. Hal itu terjadi ketika MH 370 kembali ke Semenanjung Malaya dan menyentuh pesisir timur, sepekan yang lalu.

Sebelumnya, PM Najib Razak menyebutkan, pesawat tetap terbang pada periode tertentu dan berubah arah dengan melewati kembali atas Semenanjung Malaysia menuju Samudra Hindia.

"Secara konsisten, hal itu dilakukan secara sengaja oleh seseorang di pesawat," kata Najib dalam konferensi persnya, Sabtu (15/3/2014). Namun demikian, dia tidak menyebutkan secara pasti bahwa itu merupakan tindakan pembajakan.

Komunikasi satelit terakhir dengan pesawat Boeing 777-200 itu tercatat pada Sabtu (8/3/2014) pukul 08.11 pagi waktu setempat, setelah Malaysia Airlines menghilang dari radar sipil pada pukul 01.30 dini hari waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com