Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika: Senin, Rusia Akan Hadapi Serangkaian Tindakan bila "Rebut" Crimea

Kompas.com - 14/03/2014, 00:03 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Kamis (13/3/2014), memperingatkan Rusia akan menghadapi serangkaian langkah sangat serius dari Amerika Serikat dan Eropa bila tetap menganeksasi Crimea dari Ukraina.

Kerry mengatakan kepada sebuah komite Senat bahwa Moskwa boleh bersiap menghadapi tindakan dari Amerika dan Uni Eropa pada Senin (17/3/2014) bila menerima hasil referendum Crimea. Pada Minggu (16/3/2014), Crimea akan menggelar referendum untuk meminta pendapat rakyat apakah mereka memilih bergabung ke Rusia.

Menurut Amerika dan Eropa, referendum tersebut melanggar konstitusi Ukraina dan hukum internasional. Sementara itu, Rusia menyatakan mereka hanya menghormati referendum Crimea.

"Akan ada beberapa jenis respons untuk referendum itu sendiri," kata Kerry. "Jika ada tanda-tanda kompromi dari Rusia, akan ada rangkaian langkah yang serius dari Amerika Serikat dan Eropa pada Senin." Kerry berharap Rusia tahu bahwa masyarakat internasional bersatu menyikapi krisis Crimea dan Ukraina ini.

Rencananya, Kerry juga akan segera meninggalkan Washington untuk bertemu Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di London, Jumat (14/3/2014). Pertemuan ini merupakan upaya terakhir Amerika dalam mencegah krisis lebih lanjut di Ukraina akibat referendum Crimea.

Menurut Kerry, dia sudah berbicara dengan Lavrov sebelum pertemuan Jumat. Dia pun berharap argumentasinya bisa diterima Rusia sekalipun tak ada jaminan atas hal itu. Kerry dan Lavrov terus berkomunikasi hampir setiap hari terkait krisis Ukraina, tetapi belum juga mendapatkan titik temu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com