Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama: Kami Akan Membela Ukraina

Kompas.com - 13/03/2014, 10:55 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Presiden AS, Barack Obama, bertemu dengan PM interim Ukraina di Gedung Putih pada Rabu (12/3/2014), sementara kebuntuan antara Rusia dan pihak Barat mengenai kawasan Krimea berlanjut.

Ini merupakan pertemuan pertama Presiden Obama dengan Perdana Menteri interim Arseniy Yatsenyuk untuk menegaskan dukungan Amerika bagi pemerintah baru dan rakyat Ukraina.

Sebagai bagian dari pembicaraan mereka, Yatsenyuk dan Obama membahas bantuan keuangan bagi Ukraina. Amerika telah menjanjikan satu miliar dollar AS dalam bentuk bantuan.

Obama kembali memperingatkan Rusia bahwa pihak Barat akan “memberi sanksi” kepada Rusia jika terus ikut campur dalam urusan Ukraina.

Obama berbicara di Gedung Putih berdampingan dengan Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk. Ia memberi tahu Yatsenyuk “kami akan membela Ukraina”.

Presiden Obama merujuk kehadiran militer Rusia di semenanjung Crimea sebagai ancaman bagi integritas dan kedaulatan Ukraina. Ia juga mengatakan Amerika “menolak sepenuhnya” referendum hari Minggu yang didukung Rusia mengenai apakah Crimea akan memisahkan diri dari Ukraina. Ia mengatakan referendum itu “yang disusun dalam beberapa minggu terakhir” adalah pelanggaran hukum internasional.

Arseniy Yatsenyuk menyampaikan terima kasih kepada Amerika atas dukungannya dan mengatakan pemerintahannya “sangat siap dan bersedia” mengadakan perundingan dengan Rusia. Namun, ia mengatakan Ukraina tidak akan pernah menyerah.

Yatsenyuk juga mengatakan pemerintahnya bersiap-siap untuk menandatangani perjanjian kerja sama Uni Eropa akhir bulan ini.

Sementara itu, Senator Amerika John McCain dijadwalkan untuk memimpin delegasi bipartisan ke Kiev hari Jumat. Seorang juru bicara menggambarkan, kunjungan itu untuk menunjukkan dukungan Kongres bagi pemerintahan baru “dan bagi aspirasi kebebasan, demokrasi, dan integritas wilayah rakyat Ukraina”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com