Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Colorado Dapat Rp 22 Miliar Sebulan dari Pajak Ganja

Kompas.com - 11/03/2014, 15:46 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Negara bagian Colorado, Amerika Serikat, tempat pertama di dunia yang melegalkan penjualan ganja untuk keperluan rekreasi, mendapat pemasukan 2 juta dollar AS atau sekitar Rp 22,7 miliar dari pajak ganja sepanjang bulan Januari.

Pada bulan pertama legalisasi ganja itu, transaksi mencapai 14 juta dollar AS dan pendapatan pajak akan digunakan untuk membangun sekolah, seperti dilaporkan wartawan BBC Alastair Leithead.

Kenyataan itu sesuai dengan argumen yang diutarakan oleh aktivis proganja di Colorado, yaitu "Legalkan ganja dan dollar pajak akan mengalir".

Jika angka tersebut bisa dijadikan acuan, negara bagian Colorado diprediksi akan mendapat surplus pajak dari industri tersebut.

Komitmen pemerintah negara bagian adalah mengalokasikan 40 juta dollar AS pertama dari pemasukan pajak ganja untuk infrastruktur pendidikan.

Namun, masih ada perdebatan mengenai bagaimana uang pajak mariyuana akan digunakan sesudah batas 40 juta dollar AS tersebut terlampaui.

Beberapa pihak menginginkan pendanaan kampanye antiganja untuk anak-anak muda serta program pendidikan untuk mencegah orang mengemudi saat sedang mengisap ganja.

Selain Colorado, negara bagian Washington di Pantai Barat AS juga mengizinkan penjualan mariyuana meski pemerintah federal masih menganggap ganja ilegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com