Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia Tawarkan Bantuan 3 Miliar Dollar AS untuk Ukraina

Kompas.com - 11/03/2014, 04:52 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

WASHINGTON, KOMPAS.com — Bank Dunia, Senin (10/3/2014), mengatakan, mereka siap menawarkan bantuan 3 miliar dollar AS untuk Ukraina. Bantuan tersebut untuk mendukung reformasi ekonomi dan pembangunan oleh pemerintah sementara Ukraina.

Bank Dunia mengatakan, mereka menerima permintaan dari otoritas di Kiev, Ukraina, yang mengambil alih kekuasaan setelah tergulingnya presiden pro-Rusia, Viktor Yanukovch.

"Kami berkomitmen mendukung rakyat Ukraina pada masa-masa sulit dan sangat berharap bahwa situasi di negara itu segera stabil," kata Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim.

"Kami mendukung pemerintah untuk melakukan reformasi yang sangat diperlukan untuk menempatkan perekonomian di jalan menuju keberlanjutan."

Bank Dunia mengatakan, perekonomian Ukraina menghadapi beberapa tantangan serius yang butuh tindakan mendesak dalam jangka pendek serta reformasi berkelanjutan untuk jangka panjang.

Menurut Bank Dunia, prioritas utama sekarang adalah memulihkan stabilitas makro-ekonomi, menopang bank-bank di negara tersebut, reformasi sektor energi, dan keseriusan menangani korupsi.

Bantuan 3 miliar dollar pada 2014 ini akan berdampingan dengan program investasi dan jaminan multiyear yang dikucurkan Bank Dunia di Ukraina dengan total nilai 3,7 miliar dollar AS. Bank Dunia mendukung pula pembangunan infrastruktur di Ukraina, seperti jaringan pasokan air, sanitasi, listrik, dan jalan.

Tawaran Bank Dunia ini muncul di tengah upaya yang melibatkan, antara lain Dana Moneter Internasional (IMF), Amerika Serikat, dan Uni Eropa, untuk membantu memperkuat otoritas baru Ukraina.

Washington menawarkan bantuan 1 miliar dollar AS berupa jaminan pinjaman. Pekan lalu, Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengumumkan bantuan tak kurang dari 11 miliar euro.

IMF berada di garis depan dalam upaya mendorong Ukraina melakukan reformasi yang memadai dan transparan atas lembaga keuangannya. Setelah dua hari berbicara dengan Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk dan tim ekonominya, Jumat (7/3/2014), Direktur Departemen Eropa IMF Reza Moghadam mengatakan terkesan dengan tanggung jawab dan komitmen reformasi ekonomi Ukraina.

"IMF siap membantu rakyat Ukraina dan mendukung program ekonomi pemerintah untuk menempatkan Ukraina di jalan tata kelola ekonomi yang baik dan pertumbuhan yang berkelanjutan, sekaligus melindungi masyarakat miskin dan rentan," kata Moghadam.

Sementara itu, Yatsenyuk mengatakan, dia mewarisi pemerintahan dengan kas yang nyaris kosong dan cadangan devisa sangat rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com